Jumat, 28 Desember 2018

Kali ini yang akan saya bahas ialah mengenai SEJARAH PRAMUKA GUGUS DEPAN PROBOLINGGO 11.087 / 11.088 PANGKALAN SMA NEGERI 1 GENDING


SEJARAH PRAMUKA
GUGUSDEPAN PROBOLINGGO11.087 / 11.088
PANGKALAN SMA NEGERI 1 GENDING
Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan  Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
SMA Negeri 1 Gending merupakan SMA tertua kedua di Kabupaten Probolinggo setelah SMANegeri Kraksaan, dan tertua ketiga di Kab/Kota Probolinggo. SMA Negeri 1 Gending pada saat berdirinya merupakan filial dari SMA Negeri 1 Probolinggo. SMA Negeri 1 Gending berdiri pada tanggal 1 Juli 1981 dengan SK Depdikbud No 219/0/1981/14 Juli 1981. Sebelum memiliki gedung sendiri SMA Negeri 1 Gending pada tahun 1981 masih numpang di SDN Pajurangan yang berlokasi di Desa Pajurangan  Kecamatan Gending. Karena paginya lokal dipakai oleh anak-anak SD sehingga siswa SMA masuk sore.
Seorang guru dari SMA Negeri 1 Probolinggo Bapak Fadholi pada waktu itu memimpin SMA Negeri 1 Gending ketika masih di Pajurangan meskipun nantinya tidak dilanjutkan saat SMA berada di lokal yang baru (di Desa Sebaung). Pada awal berdirinya hanya menerima 3 kelas. Tenaga pengajar maupun tenaga administrasi yang serba terbatas, sehingga banyak meminta bantuan tenaga-tenaga pengajar dari SMA Negeri 1 Probolinggo diantaranya Bpk. Fadholi BA, Bpk. Abdul Latif BA, Bpk. Soeroto BA, Bpk. Totok BA dan yang lain tidak bisa kami sebutkan  maupun SMA Negeri 1 Kraksaan diantaranya Bpk. Drs. Moh. Idris, Bpk. Drs. Suwardi, Ibu Dra. Andayani, Drs. Nurul Huda, Drs. Ali Musta'in dan juga yang lain tidak bisa kami sebutkan.
Selama dua tahun ajaran, SMA Negeri 1 Gending berada di desa Pajurangan. Pada tahun ajaran 1983/1984 SMA Negeri 1 Gending pindah ke gedung baru yang di bangun di desa sebaung kecamatan Gending yang  berjarak  kira-kira 3 KM dari lokasi awal, yang telah diresmikan  oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kabupaten Prpobolinggo Bapak  H.R Soedirman pada tanggal 27 September 1983.
Meskipun sudah pindah ke lokal yang baru ternyata permasalahan ketenagaan maupun sarana dan prasarana yang ada belum terpenuhi secara maksimal. Tenaga pendidik masih minta bantuan dari SMA Negeri 1 Kraksaan maupun dari SMA Negeri 1 Probolinggo ditambah PPL dari IKIP Negeri Surabaya yang estafet tiap 3 bulan sekali dan berlangsung sampai tahun 1985.
Sarana dan prasarana yang kurang terpenuhi terpaksa siswa duduk dikursi lipat dan membawa alas tulis yang sangat sederhana dari triplek, menambah kesederhanaan SMA Negeri 1 Gending diawal berdirinya.
Sejak berdirinya sekolah hingga sekarang SMA Negeri 1 Gending telah dipimpin oleh beberapa kepala sekolah antara lain:
1.         Fadholi  BA                                                                               ( 1981 - 1982 )
2.       Soehardi Koesoemo, BA                                            ( 1982 - 1991 )
3.       Marniti  BA                                                                              ( 1991 - 1993 )
4.        Drs. Ibnu Hajar                                                                   ( 1993 - 1996 )
5.       Drs. Syafi'udin, M.Si                                                       ( 1996 - 1999 )
6.       Drs. Priyanto                                                                        ( 1999 - 2002 )
7.        Drs. Syifulloh, M.M                                                           ( 2002 - 2003 )
8.       Drs. Hermanto                                                                       ( 2003 - 2004 )
9.       Drs. Soewardi                                                                       ( 2004 - 2009 )
10.      Adin Budi Satriyo, S.Pd                                                         ( 2009 - 2011 )
11.        Bambang Sudiarto, S.Pd.M.M                                          ( 2011 – 2012  )
12.      Sunarbiyanto S.Pd                                                                         ( 2012 – 2013 )
13.      Adin Budi Satriyo, S.Pd                                                         (2013 – Sekarang)
Pada tahun 1985, ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri 1 Gending sudah berjalan dengan baik dibawah bimbingan Kak Karyono (alm) dan Kak Marsus (Kepala Sekolah SDN Gending 02) sesuai dengan AD/ART Gerakan Pramuka dan menjalankan TRISATYA dan DASA DARMA PRAMUKA. Di tahun itu para anggota Pramuka aktif mengikuti kegiatan kepramukaan dan satuan karya, yang diantaranya adalah Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, dan Saka Wirakartika. Tetapi, Satuan Karya yang aktif di gugusdepan hanyalah Saka Bakti Husada dan Saka Bhayangkara. Materi yang di dapat berasal dari PUSKESMAS dan POLSEK Gending.
                Anggota Pramuka di SMA Negeri 1 Gending pada tahun 1985 berjumlah sekitar 90 orang. Kemudian di tahun berikutnya Pembina digantikan oleh Kak Muksin yang sampai sekarang menjadi guru mata pelajaran geografi. Kak Muksin membina Pramuka di SMA Negeri 1 Gending ini mulai tahun 1987 – 1994.
                Tahun terus berganti, dan pembina Pramuka di SMA NEGERI 1 Gending pun juga berganti. Pada tahun 2011 merupakan awal bangkitnya kembali ekstrakurikuler Pramuka. Dari yang sebelumnya fakum atau tidak aktif, sekarang berubah menjadi aktif dan berjaya lagi. Perjuangan yang dilakukan untuk membangkitkan Pramuka di SMA Negeri 1 Gending penuh dengan suka duka. Walaupun begitu, rasa bangga dan cinta terhadap Pramukalah yang membuat rintangan itu mudah untuk dihadapi. Dan sampai sekarang, ekstrakurikuler Pramuka masih tetap aktif dan selalu jaya.
                Bangkitnya ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri 1 Gending ini tidak lepas dari binaan dari para Pembina Pramuka yang selalu sabar, ikhlas dan disiplin dalam membina maupun melatih para anggota Pramukanya. Pembina-pembina Pramuka yang pernah membina di SMA Negeri 1 Gending  dan dapat diketahui keaktifannya sampai saat ini antara lain Kak Ali Hamzah Amin, S.Si, Kak Novita Hernawati, S.Si dan Kak Fuad Hilmi, S.Kom.
Sebagaimana Petunjuk Penyelenggaraan GugusdepanTahun 2007, di Pangkalan SMAN 1 Gending secara berangsur-angsur memperbaiki kekurangannya, baik dalam susunan kepengurusan, administrasi Gugusdepan dan penerimaan anggota baru dalam Ambalan dalam mempersiapkan Akreditasi Gugusdepan.
Dalam mekanisme organisasi Kepramukaan Keputusan dalam Musyawarah Gugusdepan menyesuaikan dengan kemampuan Sekolah SMAN 1 Gending, namun selama ini semua kegiatan baik Program Kerja Gugusdepan dan kegiatan Daerah baik kegiatan Ranting, Cabang, Daerah dan Nasional dapat diikuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar